Serunya Outing Class SDI Kota Blitar: Eksplorasi Seni di Kampung Kreatif Kerajinan Kayu

Dalam rangka meningkatkan kreativitas dan pengetahuan siswa, SDI Kota Blitar menyelenggarakan kegiatan outing class yang sangat spesial pada hari Selasa, tanggal 5 Maret 2024. Kegiatan ini berlangsung di Kampung Kreatif Kerajinan Kayu, sebuah lokasi yang tidak hanya menawan namun juga sarat akan nilai edukatif, khususnya dalam hal kerajinan kayu dan seni tradisional.

Pengenalan Kampung Kreatif

Kegiatan dimulai dengan pengenalan Kampung Kreatif Kerajinan Kayu kepada para siswa. Mereka diajak untuk mengenal lebih dekat bagaimana komunitas lokal dapat menciptakan berbagai karya seni dan kerajinan kayu yang tidak hanya indah tetapi juga memiliki nilai ekonomi tinggi. Pengenalan ini bertujuan untuk membuka wawasan siswa tentang potensi diri dan lingkungan sekitar dalam menciptakan karya yang bernilai.

Berkunjung ke Rumah Industri Kerajinan Kayu

Selanjutnya, siswa diajak berkunjung ke beberapa lokasi rumah industri yang memproduksi berbagai jenis kerajinan kayu. Melalui kunjungan ini, siswa dapat melihat langsung proses pembuatan kerajinan kayu, mulai dari pemilihan bahan, proses pemotongan, hingga finishing. Hal ini tidak hanya menambah pengetahuan siswa tentang industri kerajinan kayu tetapi juga menginspirasi mereka untuk dapat berkreasi dengan bahan alam.

Praktek Melukis Kendang

Puncak dari outing class ini adalah sesi praktek melukis kendang, dimana para siswa diberikan kesempatan untuk mengekspresikan kreativitas mereka. Menggunakan bahan cat sederhana, setiap siswa dipandu untuk melukis kendang dengan kreasi dan ekspresi yang berbeda-beda. Kegiatan ini tidak hanya menyenangkan tetapi juga membantu mengembangkan keterampilan seni dan kreativitas siswa.

Pengenalan Teknik Dasar Kendang Djembe Afrika

Sebagai penutup, siswa diperkenalkan dengan teknik dasar bermain kendang djembe Afrika. Ini merupakan pengalaman musikal yang berharga bagi siswa, di mana mereka tidak hanya belajar tentang ritme dan teknik bermain musik tetapi juga tentang keberagaman budaya. Melalui kegiatan ini, siswa dapat mengapresiasi seni musik dari berbagai belahan dunia dan mengerti pentingnya menjaga serta melestarikan warisan budaya.

Kesimpulan

Outing class SDI Kota Blitar di Kampung Kreatif Kerajinan Kayu menjadi sebuah pengalaman pembelajaran yang tak terlupakan bagi para siswa. Mereka tidak hanya mendapatkan pengetahuan baru tentang kerajinan kayu dan seni lukis kendang tetapi juga belajar tentang pentingnya kreativitas, kerjasama, dan apresiasi terhadap keberagaman budaya. Kegiatan ini berhasil membuktikan bahwa pembelajaran tidak hanya dapat terjadi di dalam kelas, tetapi juga melalui interaksi langsung dengan lingkungan dan komunitas di sekitarnya.


Melalui artikel ini, diharapkan pembaca dapat merasakan kegembiraan dan nilai edukatif dari kegiatan outing class yang diselenggarakan oleh SDI Kota Blitar. Inisiatif seperti ini penting untuk membentuk karakter siswa yang tidak hanya cerdas secara akademik tetapi juga kreatif dan memiliki kepekaan sosial yang tinggi.